Semangat Baru dari Ultah #BloggerNgalam ke-8

Sebenarnya sudah lama tahu ada komunitas BloggerNgalam. Cuma belum pernah ikutan kopdar apalagi aktif ikut acaranya. Sampai kemudian beberapa waktu lalu pas lihat timeline Twitter ada info tentang ultahnya yang ke-8. Wah, sudah delapan tahun rupanya.

Kebetulan salah satu pengisi materinya sekantor. Kebetulannya lagi dua temen kantor juga ikutan. Pasnya lagi acaranya hari Minggu. Ya sudah lah ya, saya pun ikut daftar. Iseng-iseng saja sebenarnya, mumpung ada temennya juga.

Acaranya tanggal 24 Januari 2016 bertempat di Resto Inggil, Malang. Lokasinya di belakang balaikota Malang. Persisnya lagi di samping Museum Malang Tempo Doeloe. Saya sebagai orang Malang malah belum pernah ke sana, hehe. Padahal udah sering diliput sama berbagai televisi dan media.

Jam 1 lebih 5 menit, saya sudah tiba. Isi buku tamu dan masuk ke dalam resto. Sudah ada beberapa orang yang berkumpul. Tak lama kemudian acara pun dimulai. Dari sejumlah sambutan pendek sampai akhirnya ada materi dari Mbak Aik (@nengbiker) dan Mas Swedho (@swedho).

HL mbak aik

Materi yang disampaikan seputar dunia blog dan media sosial. Materi pun diberikan dengan gaya yang cukup ringan, meski Mbak Aik kelihatan sedikit agak grogi hehe. Dan sejumlah poin yang saya dapat (dan setidaknya masih bisa saya ingat) tentang isi materi, kurang lebih seperti ini…

Ngeblog Buat Apa Sih?
Sekarang banyak orang yang ngeblog. Banyak orang suka nulis. Tapi kalau ingin lebih dikenal dan pastinya bisa dapat lebih banyak keuntungan (secara finansial khususnya) harus bisa membuat sesuatu yang unik. Sesuatu yang beda dan khas.

Mbak Aik sendiri dari pengalaman ngeblog sampai berhasil keliling separuh Indonesia. Belum lagi dengan sejumlah keuntungan yang lain, mulai dari dapat penghasilan tambahan juga dapat banyak kenalan baru.

Ngeblog Butuh Komitmen
Nah, ini, saya sendiri sebenarnya sudah kenal dunia blog sejak lama. Mulai dari dulu zamannya Multiply sampai coba bikin di Blogspot dan akhirnya sekarang tinggal tetap di WordPress. Cuma saya nggak sepenuhnya naruh komitmen khusus buat ngeblog. Isi blog kebanyakan random. Dan itu juga nggak rutin. Alias suka-suka sesuai dengan mood.

Saya salut dengan para blogger yang punya passion juga komitmen di dunia blog. Yang berbagi lewat kata. Yang menebar kebaikan lewat tulisan. Dan saya sepertinya ingin kembali (agak) serius naruh komitmen khusus di dunia blog.

Pakai Media Sosial Apa?
Sekarang sudah banyak sekali pilihan jejaring media sosial yang bisa digunakan. Nggak harus kita punya akun di semua media sosial juga sih. Cuma pinter-pinter aja pilihnya. Dan balik lagi ke tujuan, pakai media sosial buat apa? Nanti tinggal disesuaikan.

Ada kepuasan sendiri saat bisa nulis di blog dan dibaca banyak orang. Syukur-syukur bisa memberi manfaat ke orang lain. Dan dari acara ultah BloggerNgalam itu, saya jadi dapat semangat baru buat lebih rajin lagi ngeblog (kali aja bisa ketemu jodoh juga *eh *mulaingayal).

Setelah materi dan acara tanya jawab selesai, semua peserta dapat kesempatan masuk Museum Malang Tempo Doeloe. Sebenarnya sih agenda awalnya jalan-jalan keliling Malang, tapi karena satu dan lain hal, akhirnya diganti dengan jalan-jalan di museum (tentang museum ini mungkin akan saya tulis lain waktu).

HL akbar

HL museum

Kemudian lanjut ke Alun-Alun Bundar Tugu. Ternyata bagus juga kalau sore di sini. Selama ini seringnya cuma lewat aja sih. Dan kayaknya seru kalau sesekali jadi turis di kota sendiri, hehe.

HL alun

Acara ditutup dengan makan sore bersama. Dan sekitar jam 6 sore saya langsung pulang cepat-cepat (harus buru-buru sebelum kehabisan angkot pulang) #baladaseorangangkoter.

Overall, seru acaranya. Terima kasih buat semua panitia yang sudah menyiapkan dan menyelenggarakan acara ini. Lain kali mau deh ikutan lagi (asal nggak ketinggalan infonya aja).

Author: Endah Wijayanti

word carver | web content editor | life traveler | librocubicularist | blogger penulisonline.com

6 thoughts on “Semangat Baru dari Ultah #BloggerNgalam ke-8”

  1. cara gabung dengan komunitas blogger ngalam gimana ya?
    saya punya blog dan pengen banget daftar komunitas blog, tapi yo ndak nemu infonya.. thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s