“Kerja di Pabrik Apa?”

Meski Hari Buruh sudah berlalu, saya tiba-tiba ingat dengan pertanyaan dari adek sepupu saya.

Suatu siang ketika sedang menghadiri acara pernikahan Om, saya dan adek sepupu saya yang masih TK seperti biasa maen-maen berdua (karena jarang ketemu, sekalinya ketemua bisa super lengket). Terus dia tiba-tiba tanya, “Mbak Endah, kerja di pabrik apa?”

Saya sempat terdiam. Lalu saya menjawab iseng, “Di pabrik uang.” Hehe.

Mungkin yang ada di pikiran adek saya saat itu, tempat orang bekerja ya di pabrik. Mengingat kedua orang tuanya juga bekerja di pabrik. Jadi karena tahu saya sekarang sudah bekerja, jadi dipikirnya tempat kerja saya juga pabrik.

HL kerja pabrik

Pas Hari Buruh kemarin juga, sempat guyonan sama beberapa teman. Ada yang menyatakan diri kami ini juga buruh, tepatnya buruh keyboard. Hoho, ya karena sehari-hari kerjaannya nggak pernah jauh dari keyboard komputer. Atau juga “buruh kata” karena kerjaannya nggak pernah jauh-jauh dari bikin konten dan kata-kata.

Seringkali setiap pulang dari kantor, saya seangkot dengan ibu-ibu buruh pabrik. Ada yang buruh pabrik rokok. Ada juga yang buruh pabrik konveksi. Saat di angkot itu, saya sering memperhatikan obrolan mereka. Yang paling hits mereka obrolkan tak jauh-jauh dari persoalan upah dan gaji. Ada yang merasa nggak adil. Ada juga yang merasa iri dan cemburu dengan pegawai lain. Well, sebenarnya masalah mereka juga pada dasarnya masalah yang banyak dihadapi para pekerja di tempat lain (termasuk di kantor saya juga mungkin?).

Kerja emang bikin capek. Nggak hanya fisik, pikiran juga bisa stres. Sampai saat ini pun, saya masih terus berusaha menemukan “klik” di setiap hal yang saya kerjakan. Ya, semoga pekerjaan yang kita lakukan saat ini bisa memberikan kebaikan dan manfaat untukk diri kita sendiri juga orang lain, semoga… .

Author: Endah Wijayanti

word carver | web content editor | life traveler | librocubicularist | blogger penulisonline.com

4 thoughts on ““Kerja di Pabrik Apa?””

  1. sampe sekarang aja ane masih belum ngerti sama siapa itu buruh. Apa yg dikantoran jg termasuk buruh atau buka. Tapi yg pasti, tuntutan buruh itu selalu ada, karena dari ane kecil. Tiap tahun pasti ada hal yang ditentut. Suka berpikir juga, “ni tuntutan kapan selesainya ya…?”😀

Leave a Reply

