Perlu Nggak Sih Beli Kebaya?

Seumur-umur pake kebaya itu baru… hmm, tiga kali deh kayaknya. Waktu wisuda SMP, wisuda SMA, sama wisuda S1, hehehe. Dan semua kebaya yang saya pake itu pun hanya sewaan atau pinjaman. Pengen deh punya baju kebaya sendiri, tapi kadang masih mikir juga, ntar kalau udah punya kebaya, mau dipake buat apa. Dipake ke kantor? Wah, saya kalau ke kantor cuma pake kaos buat atasannya. Dipake waktu maen bareng temen-temen? Hmm, ngga matching juga. Buat acara formal? Saya jarang pake kebaya buat acara formal, paling cuma baju batik aja.

Saya sebenernya suka banget tiap kali liat perempuan yang pake kebaya. Jadi keliatan anggun dan makin cantik. Apalagi kalau model kebayanya itu yang simpel dan etnik tapi tetep ada sentuhan modern-nya, kayak koleksi kebaya di SINI ini. Kebaya dengan sentuhan modern, menurut saya jadi terlihat lebih kasual dan bisa dipake dari acara semi-formal sampe formal. Kadang pengen punya kebaya yang dipesen khusus dan dijahitin ke tukang jahit. Tapi entar takutnya keburu kelamaan. Ah, saya ini emang agak rempong kalo urusan baju, hehe banyak maunya ini itu.

Model kebaya kayak gini nih yang saya pengenin, simpel dan cantik. | Gambar dari sini.
Model kebaya kayak gini nih yang saya pengenin, simpel dan cantik. | Gambar dari sini.

Saya ini tipe orang yang mau simpelnya aja dan harus nyaman kalo urusan baju. Baju yang terlalu ketat jelas nggak akan bikin saya nyaman. Tapi  kalo terlalu gombrong juga ya nggak enak dilihatnya dan bakal bikin susah gerak juga. Kalau pas belanja baju pun, kadang butuh waktu agak lama buat mutusin bakal beli baju yang baru saya coba apa nggak, bahannya enak nggak dipake? pas di badan nggak? bakal bikin nyesek nggak? ntar kalau panas bakal bisa nyerap keringet nggak? *tuh kan rempong banget.

Pas saya inget-inget lagi koleksi baju saya, kebanyakan sih yang berbahan kaos dan tanpa motif atau polos. Yang praktis dan gampang di mix-match sama kerudung. Baju batik pun cuma ada satu-dua aja. Yang belum punya cuma kebaya. Ada sih kebaya, tapi kebaya punya Ibuk dan itu pun kebaya dari jaman puluhan tahun lalu waktu Ibuk masih SMP, warnanya putih dan modelnya super simpel.

Hhm, jadi balik lagi ke pertanyaan semula: perlu nggak sih beli kebaya? Buat saya yang jarang banget pake kebaya, kira-kira bakal buang-buang duit nggak ya buat punya satu kebaya sendiri? Atau haruskah saya baru beli kebaya sendiri nanti kalau udah mau nikah aja (meski nggak tau juga kapan nikahnya, hehe).

 

Author: Endah Wijayanti

word carver | web content editor | life traveler | librocubicularist | blogger penulisonline.com

3 thoughts on “Perlu Nggak Sih Beli Kebaya?”

Leave a Reply

