Balada 200 Perak

Suatu sore, sehabis dari kantor, mampir ke sebuah swalayan. Lagi pengen cari cemilan gitu ceritanya.

Dan, waktu sampe  di kasir, si mbak kasir keliatan jutek abis. Dia cantik sih tapi mukanya ditekuk-tekuk kayak lagi sebel banget. Saya langsung bad mood, ‘senyum dikit kenapa sih?’

Habis ngitung semua barang belanjaan, si mbak kasir masih masang tampang bete. Saya makin bete. Pas udah bayar, eh dikasih kembalian dua bungkus permen buat ngegantiin 200 rupiah. Biasanya sih saya nggak protes dan ngebiarin aja. Udah sering banget dikasih kembalian permen gitu. Tapi waktu itu, saya yang juga bete sama tampang si mbak kasir, jadi sedikit protes. Otak iseng dan usil muncul, saya mau bikin mbak kasir ini makin  bete, hoho.

si saya: mbak, ini nggak ada recehan? (sambil nunjukin dua bungkus permen) *ceritanya saya nggak mau dikasih kembalian permen.
si mbak kasir: nggak ada mbak (dianya masih masang tampak jutek dan ‘ngobrak-abrik’ laci uang recehan)
si saya: *rasanya pengen jambak-jambak si mbaknya
si mbak kasir: (tanpa ngomong apa-apa, langsung naruh satu logam uang 200 perak di meja kasir *nggak dikasihin langsung ke saya)
si saya: oke (males liat muka si mbak dan langsung ngloyor pergi)

Sampai rumah sempet dongkol juga tapi dalam hati ketawa juga, hehe. Saya yang biasanya nggak ambil pusing tentang uang kembalian yang diganti permen, nggak tahu kenapa saat itu lagi ngerasa sebel banget (mungkin efek karena tampang jutek si mbak kasirnya juga ya?).

gambar dari sini.

Ketemu sama kasir yang jutek sih udah sering banget sebenernya. Ada juga sebuah swalayan di pusat kota yang barang-barangnya dijual dengan harga yang cukup miring, tapi kasirnya…. ampun nyebelin banget. Ngitung barang males-malesan eh sama ngobrol dan nguap pula. Ih, jadinya sekarang males kalau belanja di situ, meski barang-barangnya dijual dengan harga miring.

Ternyata sebuah senyuman bisa begitu mahal. Ya, mungkin si mbak kasir males kerja dan ngantuk atau capek atau apalah, tapi mbok ya sedikiiiiit aja masang wajah yang agak enak dilihat. Itung-itung  nambah pahala juga kan kalau bisa bikin pelanggan bahagia karena ngerasa dihargai dan dapat senyuman.

A smile is worth a thousand words🙂

Author: Endah Wijayanti

word carver | web content editor | life traveler | librocubicularist | blogger penulisonline.com

7 thoughts on “Balada 200 Perak”

      1. ha ha ha… iya biar saya titip salam ke dia. kalo sudah besar harus mau senyum biar ga dicubit mama. sampaikan mba😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s