Hai, Kau Pengeluh!

“…disyukuri.” Satu kata itu terus terngiang-ngiang di telinga saya. Beberapa waktu lalu saya sempat mengeluh ke salah satu sahabat tentang satu dan lain hal. Ia pun merespon keluhan saya itu dengan kata itu… disyukuri.

Apa benar saya sudah tidak pernah bersyukur atas segala sesuatu? Apa iya hidup ini semakin penuh dengan keluhan, penyesalan, dan segala macam bentuk kemarahan? Tapi, apa salahnya mengeluh? Atau, apakah tidak ada pembenaran dalam mengeluh?
Mengeluh atau hanya sekadar merasa lelah? Atau karena rasa lelah, kita jadi mengeluh? Entahlah.

Jika dipikir-pikir apa sih susahnya bersyukur? Mungkin itu yang dipertanyakan otak saya ketika saya sudah terlalu banyak dan bahkan hampir muntah karena kebanyakan mengeluh. Ya, ya, banyak sekali yang luput atau saya saja pura-pura lupa untuk tidak mensyukuri semua hal yang sudah saya dapat. Dan, semua itu lagi-lagi bermuara ke kata-kata dengan ejaan m-e-n-g-e-l-u-h.

gambar dari sini

Atau mungkin begini. Ini, kemungkinan karangan saya saja, sih. Setiap orang mempunyai standar “sempurna” dalam dirinya. Ketika standar itu tak bisa terpenuhi, ia akan merasa dikhianati, tidak dihargai. Alhasil, mencarilah ia alasan tentang berbagai sebab musabab tidak terpenuhinya kesempurnaan yang sempurna di matanya. Begitu kah?

Ada yang bilang setiap hal yang terjadi memiliki alasan tersendiri, dengan keindahannya sendiri. Sayangnya, tak semua orang bisa menemukan alasan di balik setiap hal. Dan, lagi-lagi yang tersisa hanyalah ber blabla mengeluh.

Hai, kau pengeluh! Berhenti bernapas lah, saja. Dengan begitu, kau tidak akan menjadi pengeluh lagi.

Author: Endah Wijayanti

word carver | web content editor | life traveler | librocubicularist | blogger penulisonline.com

9 thoughts on “Hai, Kau Pengeluh!”

  1. Iya benerrrrr… Aku juga tertampar. Hal hal yg tidak sesuai keinginan kita, kemudian kita keluhkan sering kali menutupi nikmat Allah yg banyak banyak sekali diberikan kepada kita

Leave a Reply

