Yogyakarta 3H3M (2)

3 Hari 3 Malam di Yogyakarta ke mana aja?

Setelah di tulisan sebelumnya, saya menulis kendaraan yang saya gunakan saat menuju dan ketika di Yogya, sekarang saya akan menulis tentang tempat-tempat yang saya kunjungi selama di sana. Beberapa tempat memang sudah pernah saya kunjungi sebelumnya.

Candi Ratu Boko dan Prambanan

y5
tiket ratu boko-prambanan

Saat itu saya langsung membeli tiket paket Ratu Boko-Prambanan. Kalau candi Prambanan, itu sudah ketiga kalinya saya ke sana. Tapi kalau Candi Ratu Boko, belum pernah sama sekali. Tiketnya 45ribu, sudah termasuk transportasi dari Prambanan ke Ratu Boko, air mineral, dan transportasi balik ke Prambanan. Awalnya saya kira kompleks candi Ratu Boko itu masih di dalam kawasan candi Prambanan. Eh, ternyata masih sekitar 3 kilometer lagi ke sebelah selatan dari komplek candi Prambanan.

Sekilas tentang Situs Ratu Boko
Lokasi situs ini ada di atas bukit. Dari atas bukit itu, kita bisa melihat kompleks candi Prambanan yang ada di bawah. Di dalam kompleks Ratu Boko, kita bisa menemukan beberapa lokasi seperti bekas gapura, ruang Paseban, kolam, Pringgitan, Keputren, dan dua ceruk gua yang dulu digunakan untuk bermeditasi. Jika cuaca sedang cerah, kita bisa menikmati pemandangan gunung Merapi dari atas bukit. Kapan pertama kali Ratu Boko ditemukan? Pertama kali ditemukan sekitar tahun 1790 oleh Van Boeckholtz.

Ratu Boko
Ratu Boko

Cukup menguras tenaga juga menjelajahi kompleks Ratu Boko. Naik turun tangga, ditambah panas matahari yang sangat terik, cukup melelahkan. Ada warung tempat kita bisa menikmati es kelapa muda, minuman, hingga gorengan di sana. Saya menghabiskan waktu sekitar 2 jam di sana, sebelum akhirnya kembali ke Prambanan.

dilarang nyemplung :D
dilarang nyemplung😀
y3
foto pakai self-timer, hehe

Ada yang berbeda di Candi Prambanan saat saya berkunjung ke sana. Pengunjung sudah bisa memasuki kompleks Candi Siwa (kalau tidak salah, hehe) yang sebelumnya masih dipugar. Untuk bisa memasuki kompleks tersebut, pengunjung harus mengenakan helm yang sudah disediakan demi keamanan. Kompleks Candi Prambanan memang terlihat sangat cantik ketika cuaca cerah. Tapi, jangan tanya lagi panasnya dan juga debu-debu yang berterbangan.

y7
sudah mulai bisa memasuki kompleks Candi Siwa
y6
foto pakai self-timer lagi😀

Dari kompleks candi Prambanan, saya sempat mampir ke Kampoeng Dolanan Nusantara dan Museum Candi Prambanan. Di Kampoeng Dolanan Nusantara, ada beragam permainan untuk anak-anak seperti ayunan dan jungkat-jungkit. Ditemani alunan musik keroncong dari kelompok musik yang ada di sana di siang hari jadi membuat mata makin berat ingin tidur, hehe. Waktu akan menuju pintu keluar, saya melihat ada sekelompok rusa totol. Kalau tidak salah, rusa-rusa tersebut adalah rusa sumbangan dari Bogor.

duduk-duduk sejenak di Kampoeng Dolanan
duduk-duduk sejenak di Kampoeng Dolanan
y10
rusa totol di Prambanan
oleh2 khas dari Prambanan, "serba seribu"
oleh2 khas dari Prambanan, “serba seribu”

Dari Malioboro hingga Alun-Alun Selatan

Jika diingat-ingat, sepertinya ini pertama kali saya liburan berdua saja dengan ibu, hehe. Jadinya ya tidak terlalu ngoyo harus mengunjungi ini-itu. Jalan santai, berhenti sebentar kalau sudah capek, baru lanjut jalan lagi.

Ketika baru sampai di Yogya dan menaruh barang-barang di penginapan, kami langsung jalan menjelajahi Malioboro. Dari Sosrowijayan, kami jalan hingga ke toko Mirota. Kemudian balik lagi ke penginapan. Di hari kedua, setelah pulang dari Candi Prambanan, kami kembali jalan menyusuri Malioboro hingga Alun-Alun utara dan Alun-Alun Selatan dengan jalan kaki.

Titik Nol
Titik Nol

Sempat kebingungan juga waktu jalan dari Alun-Alun Utara ke Alun-Alun Selatan, hehe. Setelah melewati daerah Ngasem, saya dan ibu pun memutuskan untuk naik becak ke Alun-Alun Selatan. Bapak tukang becak pun menunggu kami di Alun-Alun Selatan dan mengantar kami kembali pulang hingga ke penginapan.

Alun-Alun Utara di malam hari relatif sepi dibandingkan dengan Alun-Alun Selatan. Mungkin karena memang di Alun-Alun Selatan lebih banyak penjual dan kepopuleran permainan masangin (melewati dua pohon beringan yang besar dengan mata tertutup) yang ada di sana. Saat itu malam minggu, jangan ditanya lagi bagaimana keramaian dan keriuhan di sana.

Pasar Beringharjo dan Taman Sari

batik Beringharjo
batik Beringharjo

Di hari Minggu sebelum pulang ke Malang, saya dan ibu mampir ke pasar Beringharjo. Membeli beberapa potong baju dan baju batik di sana. Saat itu saya sempat sebal dengan salah satu penjual yang ngomel-ngomel karena saya lewat di depan kiosnya ketika dia baru akan buka lapak. Habisnya jalannya sempit sih. Beragam batik ada di sana, harganya juga bervariasi. Pintar-pintarlah menawar!

Berhubung sudah terlalu siang, kami tak sempat mengunjungi Keraton. Jadi diputuskanlah untuk berkunjung ke Taman Sari. Kami hanya menghabiskan waktu sebentar di Taman Sari saat itu. Entah kenapa kadang saya suka merasa agak risih jika tiba-tiba ada guide yang menghampiri dan langsung menjelaskan ini-itu. Hmm, mungkin akan lebih baik kalau ketika membeli tiket, langsung ditawari mau pakai guide apa tidak, daripada pas baru masuk langsung dihampiri guide.

y15
Taman Sari
Ngintip :D
Ngintip😀

y13

Saat itu, ada seorang guide yang mengikuti saya dan ibu. Dia mulai menjelaskan beberapa hal, tapi  karena saya cuek dan terus berjalan, si guide pun tiba-tiba menghilang, hehe. Mungkin dia bete ngeliat saya yang jutek juga. Dulu waktu pertama kali ke sini, saya dan teman-teman saya juga diikuti oleh guide dan saat itu karena tidak sempat menolak, akhirnya pasrah sudah, hehe.

…bersambung lagi🙂

Author: Endah Wijayanti

word carver | web content editor | life traveler | librocubicularist | blogger penulisonline.com

9 thoughts on “Yogyakarta 3H3M (2)”

Leave a Reply

