Seperti Apa Introvert Itu? (2)

Tulisan ini lanjutan dari tulisan sebelumnya yang berjudul sama “Seperti Apa Introvert Itu? (1)”

Yaps, kali ini saya akan melanjutkan tulisan tentang seseorang yang karakter introvertnya lebih dominan daripada ekstrovert.

7. Butuh jeda setelah berinteraksi terlalu lama
Dembling berkata bahwa semua hal yang dilakukan seorang introvert di “dunia luar” membuat mereka mudah lelah. Jika sudah begitu, mereka butuh waktu untuk mengembalikan energi dengan berada di situasi yang menenangkan.

gambar dari sini

8. Kebanyakan memiliki pasangan seorang ekstrovert
Saya sendiri sih memang berharap punya pasangan yang lebih dominan karakter ekstrovertnya daripada introvert, hihihi. Menurut Dembling, orang-orang introvert kadang-kadang tertarik dengan orang-orang ekstrovert karena mereka sangat suka berada di dalam keriangan seorang ekstrovert. Ya, ibaratnya sih bisa saling melengkapi satu sama lain.

9. Ahli dalam satu bidang
Olsen Laney menyatakan bahwa orang-orang introvert memiliki otak dan cara berpikir yang membuat mereka bisa fokus dan berpikir tentang hal-hal tersebut selama beberapa saat. Jadi, mereka akan terpacu untuk belajar dengan sangat giat hingga benar-benar ahli dalam bidang tersebut.

10. Hal-hal yang dihindari
Orang-orang introvert memiliki kecenderungan untuk menghindari kegiatan yang mengharuskan mereka terlibat secara aktif. Selain itu, mereka kadang tidak akan menerima telepon dari orang-orang yang bahkan sudah mereka kenal.
“Bagiku, ponsel yang berdering itu seperti ada seseorang yang loncat keluar dari lemari dan berteriak mengagetkan ‘DOR!'” kata Dembling. Mungkin hal ini memang agak aneh, tetapi saya sendiri juga kadang mengalaminya. Jadi, ketika ponsel saya berdering, saya sempat merasa kaget. Kalau nomor itu tidak saya kenal, saya bisa mengabaikannya begitu saya. Kalau yang menelpon itu adalah orang yang saya kenal, kadang saya masih mikir juga perlu diangkat atau tidak ya. Rupanya orang-orang introvert memiliki kecenderungan untuk harus bersiap-siap dahulu sebelum memulai sebuah percakapan melalui telepon.

11. Memperhatikan detail
Orang-orang introvert bisa memperhatikan detail-detail yang tidak diperhatikan orang lain. Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa otak orang introvert bisa dengan mudah memproses informasi visual.
Oh iya, orang-orang introvert akan berpikir terlebih dahulu sebelum berbicara. Mereka biasanya sering suka bermonolog dengan dirinya sendiri (internal talking).

gambar dari sini

…bersambung ke tulisan berikutnya🙂

Author: Endah Wijayanti

word carver | web content editor | life traveler | librocubicularist | blogger penulisonline.com

14 thoughts on “Seperti Apa Introvert Itu? (2)”

  1. Sama saya juga suka ngomong sendiri. Keliatan aneh pas lagi sama orang lain, saya harus meyakinkan mereka dulu setelah saya ngomong sendiri “Gue ngomong sendiri!” biar mereka gak perlu repot ngomentarin..hehehehe.

    Ternyata saya punya sisi introvert juga..hehehe

Leave a Reply

