Mudik, Perjalanan Pulang

Beberapa hari terakhir, para tetangga saling menanyakan, “Kapan pulang?” Hmm, kata pulang yang dimaksud di sini adalah mudik. Iya, pulang adalah mudik. Beberapa rumah sudah tampak ditinggalkan penghuninya untuk mudik, merayakan hari Idul Fitri bersama keluarga besar.

Saya sendiri belum pernah merayakan shalat Ied di kota sendiri. Setiap 1 Syawal, saya dan keluarga selalu berada di rumah nenek, berlebaran di sana dengan saudara-saudara lain. Yaps, setiap tahun selalu mudik, meski mudiknya juga tidak terlalu jauh, sekitar 1,5 jam saja jika ditempuh dengan naik sepeda motor.

Jika tidak ada tradisi mudik, mungkin saya belum pasti berkunjung ke rumah nenek setahun sekali (hehe, terakhir ke rumah nenek memang lebaran tahun lalu). Jika tidak ada tradisi mudik, mungkin saya tidak bisa berjumpa dengan saudara-saudara lain. Jika tidak mudik, saya mungkin tidak bisa merasakan rasa khidmat ketika shalat Ied bersama dan keliling ke rumah-rumah tetangga  bersama nenek, om, tante, dan sepupu-sepupu kecil.

gambar dari sini

Mudik mungkin tidak hanya sekadar pulang ke kampung halaman, tetapi lebih kepada arti perjalanan pulang, untuk kembali. Kembali ke tempat di mana kita bisa mencari kesederhanan yang merupakan kata ganti dari kebahagiaan. Tak jarang ada yang rela berdesak-desakkan, menghabiskan puluhan jam di jalan, dan mengabaikan rasa letih, hanya agar bisa kembali pulang.

Berkumpul bersama keluarga besar, sesuatu yang tampak sederhana, namun rasa bahagia yang menyelubunginya tak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

 

Author: Endah Wijayanti

word carver | web content editor | life traveler | librocubicularist | blogger penulisonline.com

3 thoughts on “Mudik, Perjalanan Pulang”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s