Di Pinggir Jalan Ketika Jam Buka

Beberapa hari lalu, saya iseng tidak ikut buka puasa di rumah. Jadi, setelah shalat Asar, saya capcus ke masjid Unmuh Malang. Ndengerin kajian menjelang  buka puasa terus dilanjut shalat Maghrib berjamaah. Saat itu saya hanya bawa satu gelas Aqua dan biskuit buat takjil. Dan… karena nggak tahu musti ngapain lagi, setelah shalat maghrib akhirnya saya duduk-duduk di pinggir jalan sambil makan  biskuit sembari nunggu jam buat shalat Isya’. Ngapain di pinggir jalan gitu? sendirian pula! Hehe, ya namanya juga iseng.

Warung makan di sepanjang jalan depan kampus Unmuh ramai tiada tara, dipenuhi orang-orang yang lagi santap buka. Jalanan agak lengang karena sepertinya memang lagi banyak yang berhenti untuk makan buka dulu. Satu bis Puspa Indah lewat, beberapa penumpang di dalamnya tampak sedang makan (berbuka puasa). Beberapa mahasiswa tampak masih kebingungan mau makan di mana. Ada satu orang yang bengong di pinggir jalan, nggak tahu dia ngapain.

Beberapa orang tampak ragu dan takut-takut untuk menyeberang jalan yang semakin lama semakin ramai. Orang-orang yang sudah selesai makan berbondong-bondong menuju masjid untuk shalat maghrib. Ada seorang ibu dan anak, si anak yang umurnya sekitar tiga tahun menghampiriku sambil menyodorkan kaleng, “Uwun (minta!),” rupanya ia dan ibunya adalah pengemis. Si anak tampak sudah terbiasa meminta-minta dan tahu bahwa dengan menyodorkan kaleng yang dibawanya, ia akan mendapat uang. Ah.

Setelah beberapa menit bengong di pinggir jalan dan menghabiskan sebungkus biskuit, saya pun kembali ke masjid bersiap untuk ikut shalat isya’ dan tarawih…

Adakah hal yang bisa dipetik dari tulisan saya ini? Hehehe…

Author: Endah Wijayanti

word carver | web content editor | life traveler | librocubicularist | blogger penulisonline.com

6 thoughts on “Di Pinggir Jalan Ketika Jam Buka”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s