Trio Precils

Pukul tujuh malam setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat, rumah saya pasti jadi berisik. Ruang tamu harus dikosongkan. Cemilan dan permen juga harus disembunyikan jika tak ingin dijarah mereka, hehe. “Trio Precils” inilah penyebabnya.

Trio Precils (Bayu, Fahan, Johan)
Trio Precils (Johan, Bayu, Fahan)

Bayu, Johan, dan Fahan adalah anak-anak dari tetangga di komplek rumah tempat saya tinggal. Mereka datang tiga kali seminggu ke rumah untuk belajar bersama. Well, bukan benar-benar belajar sih tapi lebih ke kumpul bersama dan bermain nggak keruan. Kalau ada PR, saya hanya menemani mereka dan membantu jika ada yang tidak mengerti. Namun, saya paling anti jika harus langsung menyediakan jawaban instan. Jadi kadang saya suka marah pada mereka, seperti ini…
“Makanya dibaca dulu dong, tuh jawabannya sudah ada di bacaan.”
“Udah aku baca, mbak, tapi nggak ada jawabannya,” jawab mereka. Saya pun melihat bacaan itu, dan… ternyata jawabannya sudah ada jelas di bacaan itu.
“Baca lagi, tuh ada jawabannya di situ, jangan malas,” saya makin muntab, hehe.

Atau…
“Cari di internet aja mbak jawabannya,” rajuk mereka jika rasa malas sudah melanda mereka.
“Baca dulu tuh di LKS sama buku.” Yeah, saya memang pelit dan suka maksa mereka untuk banyak baca.

Pernah juga saya benar-benar marah besar pada mereka. Saat itu mereka sangat berisik, susah diatur, banyak ngobrol, nggak memperhatikan saya. Padahal kan mereka cuma bertiga, tapi berisiknya itu lho, ampun dah! Saya pun “mengusir” mereka. “Kalian pulang aja deh sekarang. Percuma juga les di sini, kalau ternyata cuma becanda aja. Nanti biar aku bilang mama kalian buat nggak usah lagi les.” Mereka pun langsung terdiam. Ah, sedih juga sih kalau melihat mereka kelihatan takut seperti itu.
Kadang memang jengkel minta ampun, tapi bisa juga tertawa terbahak-bahak, seperti tentang cerita Hantu dan Gravitasi ini.

Dunia anak-anak memang unik. Butuh pendekatan khusus untuk belajar dengan mereka. Awalnya mereka tampak agak sedikit malu-malu ketika belajar. Dulu mereka patuh dan nggak banyak berisik. Eh, begitu kenal saya, mereka jadi menganggap saya sebagai kakak sendiri. Enaknya sih ya jadi lebih dekat, tapi nggak enaknya kadang mereka jadi suka kurang ajar hehe.

Si Johan, badannya boleh gede, tapi dia sangat melankolis. Kadang mudah tersinggung dan agak manja juga. Si Bayu, pecicilan nggak karuan. Cuek, tapi kalau sudah suka sama pelajarannya, dia bakal serius eh serius bohong-bohongan juga sih. Si Fahan, lumayan bisa diatur. Dulu dia sangat rajin, eh tapi karena kumpulnya sama Johan dan Bayu, jadinya ya ikut-ikutan nyebelin.

Sinau sing rajin yo le, ben iso ranking siji (belajar yang rajin ya, le (sapaan untuk anak laki-laki), biar bisa ranking satu).

Author: Endah Wijayanti

word carver | web content editor | life traveler | librocubicularist | blogger penulisonline.com

17 thoughts on “Trio Precils”

  1. SD ya mba??
    Les apa?? Semua pelajaran?
    Emang dech anak2 sekarang tuh kalau disuruh belajar susyaaaahhhnyaaa minta ampuun.

    Untung mereka ngga kabur ya dimarahin sama mba kayak gitu.:mrgreen:
    kadang2 ada anak yg traumatis, akhirnya ngga mau diajarin lagi, dan abis itu pengajarnya pasti merasa sedih dan bersalah banget.😦

    1. iya mbak SD kelas 4&5. tadinya saya pikir mereka hny mau belajar bhs inggris eh nggak taunya semua pelajaran, jd ya saya bantu sebisa saya aja.
      nah itu mbak, saya juga heran, sering saya marahin eh mereka masih aja “rajin” dateng, malah kalau pas libur, ada yang kangen gitu, hehe.

      1. Bagus itu mbaa.. Berarti mereka suka sama pribadi mba. Mungkin sifat mba “ngemong” banget kali.🙂 ngajar itu insyalloh pahalanya banyak lho mbaa.. Lanjutkan!! Hehe.. 😉

      2. mungkin karena mereka udah nganggep saya kayak kakak sendiri, jadi kalau diomelin nggak bener2 dimasukin hati, hehe *sok pede*

  2. anak-anak zaman sekarang sebenarnya uenak banget , mau nyari jawaban tinggal google. mau cari informasi tinggal google🙂 *arggh mudahnya*

Leave a Reply

