Sukses Ujian Nasional, Dek!

Ujian Nasional SMA sederajat akan berlangsung mulai tanggal 15 April 2013. Adek saya yang saat ini kelas 12 SMK pun beberapa minggu terakhir sudah mulai fokus belajar empat mata pelajaran yang akan diujian pada ujian nasional nanti. Berbeda dengan saya dulu 6 tahun lalu (waktu masih muda, hehe) waktu ikut ujian nasional SMA, adek saya terlihat lebih rileks dan santai ketika belajar. Pulang sekolah sekitar jam 1 siang, makan, shalat, tidur siang, nonton tivi, mandi, shalat, belajar sebentar, lalu tidur sekitar jam 10 malam.

Kalau ada soal yang tidak dia pahami, dia akan tanya saya (meski nggak semua soal bisa saya pahami juga, haha). Kalau bahasa Inggris ya oke-lah saya bisa bantu, tapi kalau Matematika? Hehe, otak saya sudah nggak pede duluan ketika baru ngeliat soalnya, udah lupa semua euy. Kadang dia cari soal-soal di internet. Pas dia udah stuck di soal Matematika tentang integral, dia cari tutorialnya di YouTube. Internet makes everything much easier…

Sama seperti saya, adek saya tidak suka ikut bimbingan belajar privat. Lebih suka belajar sendiri karena lebih nyaman dan pastinya hemat uang, hehe. Kalau lagi musim ujian, rumah jadi hening. Sama seperti saya lagi, adek saya lebih bisa belajar dengan baik ketika kondisi tenang dan tak ada banyak suara. Sepertinya saya dan adek saya adalah tipe pembelajar visual🙂

Saya ingat ketika ujian nasional SMA dulu, saya sempat merasa paranoid takut tidak lulus. Rasa khawatir saya sangat berlebihan kala itu sampai membuat  otak rasanya sudah mau meledak (hoho, lebay ini mah). Saat hari ujian, saya suka datang lebih awal ketika teman-teman belum pada datang. Kemudian, saya sempatkan untuk belajar sejenak. Saat itu, teman-teman sekelas saya punya “ritual”. Jadi, sebelum masuk kelas untuk ujian, kami berkumpul melingkar dan berdoa di depan ruang kelas. Aih, memori masa SMA masih teringat jelas di otak saya.

Beberapa bulan terakhir adek saya cukup riweuh dengan mengikuti dan mengurus beberapa hal. Dia ikut Lomba Kompetensi Siswa di bidang Robotic di Surabaya (meski tidak menang hehe), ikut mendaftar SNMPTN undangan dan juga mendaftar di PSB Politeknik. Dan, ya, sekarang tinggal “gongnya” saja, yaitu ujian nasional.

Semoga lancar ya dek, ujian nasional nanti. Bapak & Ibu selalu berdoa untukmu. Untuk semua siswa/i SMA sederajat yang juga sedang bersiap untuk ujian nasional, sukses selalu & semoga lulus. Ujian nasional ini hanyalah secuil dari bentuk ujian hidup yang mungkin akan lebih berat dalam hidup kalian nantinya *sok bijak, hihihi*

Good Luck on your National Exam, my lil brotha😀

Author: Endah Wijayanti

word carver | web content editor | life traveler | librocubicularist | blogger penulisonline.com

17 thoughts on “Sukses Ujian Nasional, Dek!”

Leave a Reply

