Malang Sumuk

“Malang Sumuk (Malang Panas).”
Saya melihat tulisan itu ditulis dengan menggunakan cat tembok di sebuah dinding dekat kawasan Universitas Brawijaya. Kemudian ada beberapa tulisan lain yang mengikutinya, seperti “Malang nggak asreb maneh (dingin lagi)”, “Kembalikan Malangku”, “Ayas kadit itreng (saya tidak ngerti),” dan sebagainya.

Ketika naik angkot, saya pun mendengar seorang ibu yang mengobrol dengan sopir. “Malang makin macet sekarang ya pak,” kata sang ibu. “Iya, sekarang memang makin macet,” timpal sang sopir. “Dulu waktu saya kuliah awal tahun 2000-an nggak seramai sekarang. Dulu kalau kuliah masih banyak yang jalan kaki. Sekarang sudah pada banyak yang naik sepada motor kemana-mana.”

Makin panas. Makin macet. Juga, makin gampang kena banjir. Malang yang makin malang…😥

Dinginnya kota Malang mungkin hanya ada di sekitar musim Pancaroba (Juli-Agustus). Pada bulan-bulan itu, matahari akan tetap bersinar terang tapi hawa dinginnya menusuk-nusuk. Bahkan, saya pernah tidur siang dengan tetap bergelung ke dalam selimut tebal, hehe. Di luar bulan itu, malang tak sedingin dulu…

Saya pernah berkesempatan tinggal selama 6 bulan di Bandung. Menurut pengalaman saya, hawa tinggal di Malang dan Bandung ya 11-12. Hmm, teman saya yang kuliah di Bandung pernah bilang kalau dinginnya Bandung bikin kulit putih sedangkan dinginnya Malang bikin kulit hitam. Maksudnya? Err…mungkin karena jika musim pancaroba datang, kulit kita yang terkena hawa dingin Malang akan kering, kasar, dan terasa gatal. Jadi, kulit bisa terlihat pucat dan aliran darah tidak lancar. Ah, maafkan penjelasan saya yang tak berdasar ini, hehe.

Yang pasti memang Malang tak sesejuk dan sedingin dulu lagi. Jargon Malang Ijo Royo-Royo makin sering diplesetkan menjadi Malang Ijo Ruko-Ruko,karena  saking banyaknya ruko hingga pusat perbelanjaan yang dibangun….

Author: Endah Wijayanti

word carver | web content editor | life traveler | librocubicularist | blogger penulisonline.com

13 thoughts on “Malang Sumuk”

Leave a Reply

