Malang Islamic Expo Fair 2013

Tahun 2013 ini diawali dengan sebuah pameran multiproduk Islami terbesar di Malang, Malang Islamic Expo Fair 2013. Pameran yang  berlangsung dari tanggal 31 Januari 2013 hingga 6 Februari 2013 ini tidak hanya menjual buku-buku Islam tetapi juga aneka produk Islami lainnya. Hari Minggu 3 Februari 2013 lalu saya berkesempatan mengunjungi pameran yang diselenggarakan di Aula SKODAM V Brawijaya, Jl. Bundaran Tugu, Malang. Cukup menyenangkan  bisa mengelilingi area pameran dan berbelanja multiproduk Islami yang ada di sana.

Mengunjungi Malang Islamic Expo Fair pada hari Minggu membuat saya harus rela berdesak-desakkan dengan pengunjung yang lain. Selain memang hari libur, banyaknya produk yang dijual di area pameran menarik minat banyak orang. Sekitar pukul sepuluh saya tiba di area pameran dan sudah banyak pengunjung yang datang. Area parkir pun sudah mulai dipenuhi kendaran bermotor. Di pameran ini, kita bisa berbelanja beragam produk islam mulai dari buku-buku Islam, busana muslim, kerudung dan aksesorisnya, mainan edukatif Islam, VCD Islami, produk kecantikan, hingga produk-produk herbal. Sebagian besar produk dijual dengan potongan harga yang sangat menggiurkan. Salah satu contohnya adalah buku. Buku-buku Islami dijual dengan sangat terjangkau. Ada buku yang dijual dengan rentangan harga dari lima ribu hingga sepuluh ribu rupiah. Ada juga buku-buku Islami terbaru yang dijual dengan potongan harga 20% hingga 30%.

Beberapa acara pendukung pun ikut memeriahkan Malang Islamic Expo Fair ini. Saat saya mengelilingi area pameran, dari pengeras suara saya mendengar ada sebuah seminar yang sedang  berlangsung. Ketika saya mencari tahu sumber suara, ternyata sedang ada seminar “Perencanaan Keuangan Berbasis Emas” yang diselenggarakan di area paling ujung pameran. Kursi yang disediakan tampak sudah diisi dengan beberapa peserta yang antusias mengikuti seminar tersebut. Banyak acara menarik yang diselenggarakan selama pameran berlangsung. Selain seminar, ada juga lomba menulis on the spot, talk show, training, dan pelatihan bahasa Arab. Tema yang dihadirkan dalam acara pendukung tersebut cukup beragam mulai dari  keuangan, kecantikan, kuliner, bisnis, hingga kepenulisan. Setiap hari selama pameran, jika kita punya cukup waktu luang, kita bisa sekalian menimba ilmu bermanfaat dengan mengikuti acara pendukung yang ada. Selain itu, kita bisa mengikuti sebagian besar acara pendukung tersebut tanpa dipungut biaya.

Pemberian nama Islamic Expo Fair kali ini menurut saya sudah sangat tepat. Sebelumnya di tempat yang sama, yaitu di Aula SKODAM V Brawijaya, terdapat pameran yang diberi nama Islamic Book Fair. Dari nama pameran tersebut, pada awalnya saya menyimpulkan bahwa barang-barang yang dijual di pameran tersebut adalah buku-buku Islam saja. Namun, ternyata tidak semua stand menjual buku-buku Islam. Jumlah stand yang menjual produk selain buku hampir sama banyaknya dengan jumlah stand yang menjual buku. Tampaknya kali ini konsep pameran diubah. Pengubahan nama Book Fair menjadi Expo Fair menjadi sebuah pilihan yang tepat. Saya sendiri menghabiskan waktu sekitar dua jam mengelilingi area pameran dan pulang dengan beberapa belanjaan seperti baju dan aksesoris (pengennya beli buku juga, ya maybe next time).

Author: Endah Wijayanti

word carver | web content editor | life traveler | librocubicularist | blogger penulisonline.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s