Buku Pertama yang Terbit di 2012

langkah pertama untuk terus berkarya
langkah pertama untuk terus berkarya

Judul buku: Gugun Gumilar Mengejar Mimpi Indonesia
Penulis: Gugun Gumilar & Endah Wijayanti
Penyunting: Endah & Tri Isna
Perancang Sampul: Arie & Arief
Penerbit: CV. Insan Mandiri
ISBN: 978-602-7755-12-3

Meskipun masih jauh dari kesempurnaan, alhamdulillah untuk pertama kalinya saya menjadi penulis untuk sebuah buku. Buku ini merupakan sebuah proyek penulisan dengan seorang kawan saya yang bernama Gugun Gumilar.

Tahun 2010 adalah pertama kalinya saya bertemu dengan Gugun di Asia Africa Youth Forum. Kemudian kami tetap saling berkomunikasi melalui Facebook, email, dsb. Kemudian pada tahun 2011 saya mendapat kesempatan untuk bekerja di Bandung. Ketika di Bandung itulah saya bertemu kembali dengan Gugun, ia kuliah di UIN Bandung. Kemudian, tercetus sebuah ide untuk membuat sebuah buku dengan mengangkat kisah hidupnya. Saya pun langsung mengungkapkan ide saya pada Gugun, dan ternyata ia juga cukup antusias.

Pada awalnya saya ingin membuat sebuah novel berdasarkan kisah hidupnya. Namun, akhirnya saya menuliskan sebuah biografi. Pada tahun 2012, saya sertakan naskah biografi itu untuk mengikuti lomba penulisan buku pengayaan. Sepertinya memang belum menjadi rejeki saya ketika tahu bahwa naskah tersebut tidak menang. Kemudian, Gugun mengambil inisiatif untuk menerbitkannya. Proses penerbitan buku ini cukup singkat, hanya sekitar satu bulan saja.

Buku ini dicetak sebanyak 200 eksemplar. Dengan waktu yang sangat singkat, saya salut pada usaha keras Gugun menerbitkan buku ini. Jika dilihat dari tata letak tulisan dan foto yang ada di dalam buku ini memang masih perlu banyak perbaikan.  Sebulan setelah dicetak, buku pun sudah habis. Gugun bilang bahwa responnya cukup positif. Alhamdulillah… Ya, saya berharap bisa ada cetakan yang kedua.

Siapa sebenarnya Gugun Gumilar? Hmm… Saya sertakan saja tiga endorsement yang ada di sampul belakang buku ini.

“Buku ini memberikan optimisme terhadap masa depan pemuda Indonesia. Gugun Gumilar, sosok pemuda yang memiliki kerja keras, berwawasan global, dan mimpi untuk Indonesia. Buku ini, patut dibaca oleh siapapun khususnya pemuda Indonesia.”
-Andi Malarangeng

“I would like to give a high appreciation on Gugun’s book which in the end will produce reliable and qualified young leader who can be role models for Indonesia.” -Marty Natalegawa, Minister of Foreign Affairs

“Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Peran pemuda sangat penting untuk mengokohkan kedaulatan bangsa Indonesia. Seorang tokoh muda Gugun Gumilar diharapkan menjadi tokoh besar di masa depan Indonesia. Semoga buku ini bermanfaat untuk para pemuda Indonesia.” -H. Marzuki Ali, Ketua DPR RI

Alhamdulillah…ini buku pertama saya yang terbit di tahun 2012. Semoga di tahun 2013 nanti, saya bisa lebih banyak berkarya yang bermanfaat untuk lebih banyak orang lagi…aamiin.

to gugun: why don’t you remember my full name? *sigh*

Author: Endah Wijayanti

word carver | web content editor | life traveler | librocubicularist | blogger penulisonline.com

7 thoughts on “Buku Pertama yang Terbit di 2012”

    1. ya nggak. aku cuma dikasih 3 buku (dua bukunya udah aku kasih ke temen yang dulu ngebantu aku nyelesein buku ini). kalau mau baca, bisa pinjem ke aku aja, hehe.

Leave a Reply

