Kembali Mengajar?

Hari Jumat siang lalu, saya mendapat sms dari seorang teman. Dia bilang di tempatnya bekerja (Primagama Batu) butuh tentor untuk mengajar bahasa Inggris pada hari Sabtu pukul dua siang. Saat itu, tentor bahasa Inggris yang seharusnya mengajar tidak bisa hadir karena ada suatu keperluan. Jadilah, saya ditawari untuk mengajar anak SD kelas 6 selama satu jam saja. Awalnya saya ragu, karena saya tidak pernah punya pengalaman mengajar anak SD dan juga sudah lama tidak mengajar lagi sejak tahun 2010, hehe. Kemudian, saya pun mengiyakan, tak ada salahnya mencoba. “Tapi aku nggak punya pengalaman ngajar anak SD, gpp tah?” tanya saya pada teman saya itu. “Nggak apa-apa, buat pengalaman aja.” Baiklah.

Pukul dua kurang 10 menit saya sudah tiba di Primagama Batu. Saya baca soal try out bahasa Inggris yang akan dibahas dalam kelas. Tidak sulit memang, tetapi untuk mengajarkannya kepada anak SD? Lain lagi ceritanya. Saat itu yang hadir hanya ada empat anak, seharusnya ada delapan anak. Saya pun memperkenalkan diri, kemudian lanjut membahas soal-soal bahasa Inggris. Eh, karena waktu masih tersisa, saya pun mengajak mereka bermain game kata saja. Hehe, sejujurnya saya bingung mau bagaimana, karena sudah lama tidak mengajar jadinya agak kikuk juga. Anak-anak memang dasarnya suka bermain, jadilah saya berusaha untuk membuat suasana lebih menyenangkan dan tidak kaku.

Pukul tiga sore, saya selesai mengejar. Entah kenapa, saya merasa fresh dan mood saya membaik. Apa karena efek mengajar tadi ya? Selama sejam berikutnya, saya meminjam komputer yang ada di sana untuk kembali menyicil tulisan, karena hari itu target kerjaan (tulisan) saya belum kelar semuanya.

Sesampai di rumah, saya kembali berpikir, apakah saya harus kembali mengajar saja ya? Selama hampir dua tahun ini, pekerjaan saya berkutat pada menyunting dan menulis. Saya sangat menikmati pekerjaan saya tersebut. Tapi, sepertinya seru juga jika saya menyempatkan diri untuk mengajar sesekali. Hmm… .

Leave a Reply

