Sehari Berkeliling Museum Satwa & Secret Zoo

Sejak diresmikan beberapa tahun lalu, akhirnya untuk pertama kalinya saya berkunjung ke Museum Satwa dan Secret Zoo kemarin. Sebagai penduduk asli kota Batu, kadang merasa agak gimana juga jika belum pernah mengunjungi tempat-tempat wisata populer yang ada di kota sendiri hehe. Kebetulan ibu sama bapak lagi libur kerja, jadi bisa ada waktu yang pas untuk berkunjung ke Museum Satwa dan Secret Zoo di hari Minggu yang panas kemarin (beberapa hari terakhir, suhu udara terasa sangat panas di Batu).

Tiket masuk untuk akhir pekan adalah Rp. 75.000 (tiket masuk ke Museum Satwa dan Secret Zoo). Sebenarnya ada beberapa paket yang bisa kita pilih, termasuk paket untuk bisa mengunjungi Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Batu Night Spectacular sekaligus. Menurut pengalaman saya kemarin, Museum Satwa bisa dijelajahi dalam waktu sekitar 1,5 jam sedangkan untuk Secret Zoo ini bisa dijelajahi sampai sore dan sepuasnya.

Museum Satwa dibangun cukup megah dengan diapit patung gajah super raksasa di kanan kirinya. Ada pilar-pilar raksasa yang menyambut kita saat akan memasuki Secret Zoo. Saat memasuki museum, di ruang pertama ada seperti taman yang dipenuhi bunga-bunga, kemudian di ruang kedua kita akan melihat rangka dinosaurus yang dinaungi langit-langit biru berawan.

salah satu focal point Museum Satwa

Ada banyak diorama yang disajikan. Semua hewan benar-benar ditampilkan nyata dan sangat natural. Kadang saya sendiri tidak bisa percaya bahwa hewan-hewan yang ada di museum satwa ini sudah mati semua, hehe. Salah satu tempat yang saya sukai adalah Insectarium. Ada beragam serangga unik yang bisa dilihat di sini.

melihat koleksi serangga dari beberapa negara

Koleksi Serangga Indonesia

Setelah puas menjelajahi Museum Satwa, kami langsung menuju Secret Zoo. Sesuai namanya, ada kebun binatang tersembunyi di sini. Berbeda dengan Museum Satwa, semua hewan yang ada di Secret Zoo bernyawa dan hidup, hehe. Beragam hewan unik bisa kita lihat langsung. Kita dilarang untuk memberi makanan secara sembarangan dan menyentuh hewan secara langsung. Saat itu saya cukup puas mengambil foto-foto binatang yang ada di sana, seperti monyet, lemur, kelelawar, kanggguru, beruang, singa, harimau, ular, alpaka, unta, dan sebagainya. Sayangnya, saya tidak menemukan panda di sini. Saat saya berkunjung, cuaca sedang terik-teriknya, sebagian besar hewan lebih memilih untuk tidur di tempat yang teduh. Secret Zoo dilengkapi dengan food court, pertunjukan singa laut, rumah hantu, tempat bermain anak-anak, kolam renang, dan beragam wahana menarik yang bisa dicoba (tetapi lebih banyak diperuntukkan untuk anak-anak, jika ingin wahana yang lebih menantang bisa lebih memilih untuk ke Jatim Park 1).

Saya hanya mencoba Shark Coaster, Safari, Screen House, dan Jelajah 5 Benua. Ada juga Tsunami dan Animal Coaster yang terlihat lebih menantang, tetapi saya tidak mencobanya karena antrian yang cukup panjang juga. Ada juga e-bike yang bisa disewa jika kita ingin berkeliling tanpa harus berlelah-lelah ria.

Flamingo
e-bike
wahana-wahana menarik yg bisa dicoba
“haloo…”

Saat yang paling tepat untuk mengunjungi Jatim Park 2–sebutan untuk Museum Satwa dan Secret Zoo yang ada di Batu–memang di akhir pekan. Namun, risikonya adalah harus bersabar mengantri cukup lama untuk mencoba wahana-wahana permainan yang ada. Saya sendiri sebenarnya lebih suka menghabiskan waktu libur di wisata-wisata alam. Tetapi tidak ada salahnya juga sesekali menghabiskan liburan bersama keluarga di tempat-tempat wisata seperti ini.

wonderful heroes of mine

Saya membayangkan jika bisa mengajak sepupu-sepupu kecil saya ke Jatim Park 2 ini pasti akan sangat menyenangkan. Jatim Park 2 bisa menjadi salah satu tempat wisata edukasi yang sangat menyenangkan. Oh iya, meskipun ada larangan untuk membawa makanan dan minuman ke dalam tempat wisata, kita masih diperbolehkan membawa minuman dan makan ringan. Pilihan yang aman memang membawa air minum di dalam botol minuman sendiri. Kalau perlu, siapkan topi atau payung untuk melindungi kita dari teriknya matahari saat berkeliling.

Rute yang disediakan sangat jelas, sehingga semua tempat menarik bisa kita jelajahi tanpa ada satu pun yang terlewat. Kita bisa memberi makanan pada hewan dengan membeli makanan khusus yang sudah disediakan seharga 5.000 hingga 10.000. Kita bisa berfoto dengan beberapa hewan seperti burung, orang utan, dan harimau secara gratis. Ada petugas yang akan menjaga hewan-hewan tersebut dan mengijinkan kita untuk berfoto dengan kamera kita sendiri. Ada juga yang menyediakan jasa foto dengan hasil yang bisa langsung ambil hari itu juga. Kebersihan Jatim Park 2 ini juga cukup terjaga.

Untuk menuju Jatim Park 2 (Museum Satwa dan Secret Zoo) dari Terminal Landungsari Malang bisa ditempuh dengan menaiki angkot warna kuning jurusan Batu-Junrejo-Landungsari. Nanti kita bisa turun tepat di depan Jatim Park 2. Kalau dari Terminal Arjosari Malang, ada dua alternatif. Alternatif pertama, naik angkot merah jurusan Karangploso Arjosari, turun di terminal terakhir Karangploso. Lalu disambung naik angkot kuning jurusan Batu-Karangploso dan turun di terminal Batu baru naik angkot kuning lagi dengan jurusan Batu-Junrejo-Landungsari, turun tepat di depan Jatim Park 2. Alternatif kedua, dari terminal Arjosari naik angkot biru menuju terminal Landungsari (bisa angkot AL (Arjosari-Landungsari) atau ADL (Arjosari-Dinoyo-Landungsari)). Dari terminal Landungsari langsung naik angkot kuning Batu-Junrejo-Landungsari dan turun tepat di depan Jatim Park 2.

Enjoy Kota Wisata Batu, pals🙂

Author: Endah Wijayanti

word carver | web content editor | life traveler | librocubicularist | blogger penulisonline.com

10 thoughts on “Sehari Berkeliling Museum Satwa & Secret Zoo”

  1. Thank sharingnya ya, mbak Endah. Saya masukin ke daftar jalan-jalan kalo pas pulang kampung ke Surabaya nanti bersama keluarga. Selama ini kalo ke kebun binatang biasanya ke KBS Surabaya yg kondisinya mengenaskan.

    Oiya, di Secret Zoo binatang sungguhannya (bukan diorama) apa saja?

      1. Iya, sudah disebutkan di jurnalmu, tadi maksud pertanyaanku hewan langka, misalnya orangutan, badak bercula satu, burung cendrawasih, dll. *maaf, keburu ke submit replynya🙂

        Dari dulu saya setuju kalo kebun binatang di Surabaya itu dipindahin ke Batu. Daripada sekarang ini yg kondisinya di tengah kota, dikepung polusi udara.

        Sipp… rencana ke Secret Zoo Batu nanti kalo pas anak-anak liburan sekolah saja.

  2. Pas pertama kali lihat gambar yang paling atas, jadi inget sama Smithsonian National Museum di WDC. Ternyata malah ada di Jawa Timur, wah keren banget… Mungkin lain kali kalo aku mudik ini bisa jadi salah satu tempat yang dikunjungi. 🙂

      1. Owh, maaf mbak, kirain bapak, ternyata cewek, btw sukses ngeblog nya mbak. owh iya barusan kemaren dari jatimpark 2, mungkin sekarang gak bawa payung gpp, sdh banyak pohon rindang di sana. (Y)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s