Momen: Forum Indonesia Muda VII

Keluarga di Forum Indonesia Muda Angkatan VII

Tahun 2009, untuk pertama kalinya saya mengenal Forum Indonesia Muda (FIM). Saat itu, saya langsung mencoba mendaftar dan memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan agar bisa lolos FIM angkatan VII. Pengalaman organisasi saya memang tak banyak, jadi saat itu saya berusaha untuk memaksimalkan esai saya. Tak lama setelah itu, sebuah sms masuk dan mengabarkan bahwa saya lolos untuk mengikuti FIM VII di Jakarta berjumpa dengan sekitar 140an mahasiswa dari seluruh Indonesia. Sebuah kebahagiaan tersendiri bisa bergabung dengan mahasiswa-mahasiswa pilihan dari seluruh Indonesia saat itu. Apa kabar keluarga kunang-kunang?

Tahun ini FIM sudah masuk angkatan ke-13. Peminatnya pun semakin banyak. Waktu saya dulu, kabarnya yang mengirim aplikasi sekitar 400an. Kini, sudah ada 2.000 aplikasi yang masuk. Hehe, untung saya ikut yang angkatan VII saat itu. Kalau ikut sekarang mungkin saya tidak akan lolos. Sebuah pengalaman yang tak terlupakan bisa menjadi bagian dari keluarga besar FIM. Hingga saat ini saya masih sering mengikuti perkembangan kegiatan teman-teman FIM. Bahkan saya mendapat sahabat baru dan terus berkomukasi hingga saat ini. Menyenangkan rasanya dikelilingi oleh mahasiswa-mahasiswa hebat.

Kartu Peserta saya 😀

Waktu itu saya berangkat ke Jakarta dengan naik Kereta Matarmaja dengan Mbak Reni (mahasiswa dari Univ. Brawijaya). Di FIM VII, ada tiga mahasiswa dari Malang yang lolos (saya, Mbak Reni, dan Ika). Sempat nyasar waktu ke Taman Wiladatika, keliling-keliling naik Trans Jakarta (karena sempat mampir ke Univ. Negeri Jakarta), hingga akhirnya bisa sampai di Wisma Kenanga (tempat saya menginap selama kegiatan berlangsung).

Saya masih ingat beberapa tokoh yang hadir saat itu, antara lain Pak Sartono Mukadis (Alm.), Bang Ramaditya, Dokter Jose Riza (pendiri MER-C), Pak Bayu Gautama (dari Aksi Cepat Tanggap), Pak Jonru (memberikan pelatihan tentang Quantum Writing), dan Pak Buchori Nasution. Serta tentunya Bunda Tatty dan Pak Elmir. Beberapa materi yang disampaikan antara lain Think Globally, Act Locally, training motivasi, Say No to Porn, Sekolah Alam, dan Spirit of Volunteerism. Ada juga Focus Group Discussion, Out Bond, Senam Sehat Gembira, dan Api Ekspresi.

Pak Sartono Mukadis (Alm.)
“Jangan mencintai sesuatu YANG sempurna tapi cintailah sesuatu DENGAN cara sempurna,” pesan Bang Rama
Inspiring Couple 🙂
Senam Sehat Gembira
Malam Api Ekspresi
Penampilan Grup Saya di Malam Api Ekspresi

Sudah tiga tahun berlalu, tetapi saya masih mengingat pengalaman saya mengikuti rangkaian kegiatan FIM VII saat dengan sangat jelas. Betapa beruntungnya saya bisa mengenal begitu banyak mahasiswa hebat dari Indonesia. Kini, saya melihat sudah banyak perubahan yang dilakukan oleh teman-teman FIM. Ada yang sudah menikah, semakin beprestasi bangku kuliah, lanjut kuliah di luar negeri, dan masih banyak lagi. Saya jadi bertanya pada diri saya, perubahan seperti apa yang sudah saya lakukan hingga saat ini?

Salah satu hal menyenangkan bisa bergabung dengan forum seperti ini adalah memperluas jejaring pertemanan. Saat saya mengikuti Asia Africa Youth Forum 2010 dan Young Women Camp 2010, saya juga berjumpa dengan teman-teman dari FIM angkatan IX. Meskipun berbeda angkatan, tetapi rasanya kami sudah kenal lama dan langsung akrab begitu saja (salah satu penyebabnya karena ada topik tentang pengalaman mengikuti training FIM yang bisa dijadikan bahan obrolan, hehe).

Saya sangat bersyukur bisa menjadi bagian dari Keluarga Kunang-Kunang (Keluarga Forum Indonesia Muda).

Usai Out Bond 🙂
When can I meet you again?

Forum Indonesia Muda 13 will be held on October 26-29, 2012.
Pendaftaran ditutup tanggal 12 Oktober 2012. Check this out!

 

 

 

Author: Endah Wijayanti

word carver | web content editor | life traveler | librocubicularist | blogger penulisonline.com

4 thoughts on “Momen: Forum Indonesia Muda VII”

    1. semangat! semangat! semangat! yang quantum writing dulu pematerinya jonru, nggak begitu banyak yg diinget hehe (dan lupa nggak sempet bikin reportase lengkapnya krn dulu belum serius ngeblog)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s