Arti Menulis dalam Novel “ibuk,”

Saya memang selalu tertarik untuk membeli buku yang ada di rak best-seller. Setelah sebelumnya saya membeli buku 9 Summers 10 Autums karena alasan penulisnya satu almamater dengan saya di SMP dan SMA (hehe) tetapi dengan beda angkatan yang sangat jauh, kali ini saya membeli novel ibuk, karena sedang ada diskon 25% di Toga Mas Malang (eh?).

Terlepas dari itu semua, novel ini pun menjadi salah satu favorit saya karena sukses membuat saya menangis di beberapa scene terakhir. Yang paling terasa dari novel ini adalah tentang perjuangan dan pengorbanan seorang ibu hanya demi anak-anaknya. Kesibukan di pagi hari ketika sang ibu sudah bangun lebih awal dibandingkan anak-anaknya. Cara sang ibu menanggapi anak-anaknya yang ingin membeli sepatu baru. Sang ibu yang dengan telaten membagi jatah telur dan membuat nasi goreng terasi untuk sarapan anak-anaknya. Cara sederhana untuk menggambarkan sebuah ketulusan yang luar biasa.

Karena latar cerita novel ini di kota Batu tempat saya tinggal, saya terasa semakin familiar dengan beberapa lokasi yang diceritakan. Mulai dari Toko Sepatu Bata yang dekat alun-alun Batu (yang sekarang sepertinya sudah tidak ada), dinginnya pagi di kota Batu, dan juga tentang gambaran sekolah-sekolahnya. Tak lupa tentang tokoh bernama Bayek (saya merasa tokoh ini adalah Mas Iwan Setyawan sendiri) dan perjuangannya hingga bekerja di Amerika.

Namun, ada satu paragraf yang benar-benar saya sukai dari novel ini. Tentang menulis.

“Tulisanku membuatku semakin berani. Dan bukankah hidup ini terasa bermakna ketika ada keberanian untuk melalui badai kehidupan. Keberanian untuk menembus batas ketakutan. Keberanian untuk melalui malam yang panjang. Keberanian untuk bertanya, untuk apa kita di sini?”

Author: Endah Wijayanti

word carver | web content editor | life traveler | librocubicularist | blogger penulisonline.com

1 thought on “Arti Menulis dalam Novel “ibuk,””

Leave a Reply

