Semedi (Sementara Menyendiri)

“Hari Sabtu kemarin aku ‘semedi’ di Gramedia, hehe,” seperti biasa kadang saya dan kedua sahabat saya suka mengobrolkan hal-hal random setiap harinya di grup Whats App.
“Semedi = sementara menyendiri,” kata sahabat saya menanggapi.

Ah, bisa jadi, sementara menyendiri :D

Usai pulang mudik, saya menyempatkan diri untuk ke Gramedia. Ingin membaca buku-buku baru secara gratis di sana, hihi. Sebenarnya bisa saja ke Perpustakaan Kota, tapi selain karena saat itu hari libur, buku-buku di perpustakaan kota tidak selalu update. Jadi, pilihan jatuh kepada bersemedi di salah satu toko buku terbesar di Malang, ye yeay!

books-collage-vintage-Favim.com-316420_large Ada saat-saat tertentu di mana rasanya kepala sangat suntuk, bosan, dan jenuh tak terkira. Dan, salah satu mood booster saya adalah buku. Saya sampai di Gramedia sekitar pukul 10 siang. Lihat-lihat buku terbaru, keliling dari satu rak buku ke rak lain sambil baca “mantra” agar suatu hari nanti ada buku saya yang juga bertengger di salah satu raknya, aamiin (yuk semuanya, bilang aamiin bareng-bareng, hehe).

Ambil satu buku, duduk, baca dengan cepat. Taruh lagi bukunya, cari buku lain, baca lagi. Taruh, baca, kadang sambil duduk, tapi pas baca komik dengan berdiri beberapa menit saja sudah sangat cukup. Mungkin ini yang disebut hours of silence, ketika butuh recharge energi baru dengan ketenangan sendiri selama beberapa saat. Menikmati keramaian orang yang sedang memilih buku. Mendengar keriuhan orang yang sedang membicarakan buku. Melihat seorang ayah yang sedang mengantar anaknya membeli buku, si anak yang sibuk pilih-pilih.

Saya hanya membaca buku yang memang sampul plastiknya sudah dibuka. Jadi, saya nggak pernah lho ngerobek sampul plastik buku di toko buku secara diam-diam, hehe. Dan setiap kali selesai baca, saya taruh lagi ke tempatnya semula. Saat itu saya juga sedang mencari sebuah buku. Gegara membaca sebuah resensi, saya jadi langsung ingin membelinya.

Sempat bingung mencari bukunya karena yang saya lihat di internet, sampul buku itu berwarna kuning. Pas sudah sampai di rak buku yang dimaksud (setelah search di komputer Gramedia–ya apapun itu namanya), sempat bingung juga, kok bukunya nggak ada. Eh, ternyata buku itu punya dua sampul. Satu warna kuning, satunya biru. Dan, yang dipajang saat itu yang warna  biru.

ini dia bukunya :D (satu buku dua sampul)

ini dia bukunya :D (satu buku dua sampul)

Kenapa tertarik beli buku ini? Hmm… karena buku ini mengangkat tema beasiswa ke luar negeri. Judul di sampul kuning: Beasiswa di Bawah Telapak Kaki Ibu. Judul di sampul biru: Pungutlah Hikmah Walaupun dari Mulut Paman Sam. Bukunya unik, dan isinya pun tidak hanya menarik tetapi juga inspiratif (mungkin suatu saat bikin postingan tentang buku ini). Nggak nyesel ngeluarin uang 65ribu buat buku ini (uangnya dapet dari pas lebaran kemaren, hihihi, umur segini masih dapet uang saku lebaran).

Sekitar jam 1 siang, saya pun menyelesaikan “semedi” di Gramedia. Kepala udah agak keliyengan setelah membaca beberapa buku, meski bacanya juga baca kilat aja hehe.

Bagaimana dengan bloggers semua, punya “ritual semedi” juga kah? :D

8 thoughts on “Semedi (Sementara Menyendiri)

  1. Ritual semedimu seperti menyendiri dalam keramaian (suara musik, suara informan, orang lalu lalang, anak kecil merengek ke ibunya minta segera ke KFC) :)

    Ritual semedi saya: duduk di teras sambil baca novel ditemani teh hangat. Menjadi lebih epic kalo abang jualan wedhang ronde itu lewat di depan rumah.

    • iya bener sekali, kalau semedi di tempat yang sepi kadang malah bikin bosen, hehehe.
      saya paling suka baca novel di rumah malem2, pas sepi dan semua orang rumah udh pada tidur :D

Leave a Reply

